[Kaca] Letakkan Pada Tempatnya

Jumat, 05 Agustus 2011

Gadis kecil bermata coklat itu pulang dengan hati riang. Dia baru saja selesai melaksanakan ibadah sholat tarawih di sebuah Mesjid dekat rumahnya. Di rumah, dia menemukan ibunya yang masih sibuk di dapur, membereskan piring-piring yang belum dicuci sehabis berbuka.

Sang anak menatap ibunya berbinar, dia ingin mengabarkan sesuatu yang menurutnya adalah hal yang membanggakan.

“Bu, tadi waktu ceramah aku membaca Al-quran. Hari ini bacaan Al-quranku bertambah Bu!” katanya sambil menatap wajah ibunya dengan wajah riang berharap mendapat pujian yang pantas.

Namun, bukan pujian yang diapatkannya melainkan sebuah teguran.

“Lho? Kok membaca Al-qurannya waktu ceramah?” sang ibu menatapnya lembut. “Kalo ada yang ceramah harus didengarkan! Nggak boleh itu membaca Al-quran waktu ada yang ceramah!”

Sang anak terdiam. Perbuatan yang dikiranya membanggakan ternyata sebenarnya salah dimata ibunya. Karena gadis itu cenderung malas mendengarkan ceramah, dia pun ingin menggunakan waktu tersebut untuk menambah bacaan Al-qurannya. Gadis kecil tersebut sebenarnya sedih, namun setelahnya dia pun selalu menahan diri ketika ada ceramah berlangsung untuk membaca Al-quran.  Jangan membaca Al-quran waktu ada yang ceramah, itulah mind setnya saat itu. membaca Al-quran adalah ibadah, namun tak seharusnya dilaksanakan saat ada yang ceramah.

Dan saat dewasa, ketika sang gadis mengingat kembali peristiwa tersebut, 1 pelajaran yang didapatkannya. Sebenarnya yang disampaikan ibunya tersebut  adalah adab dalam mendengarkan. Begitu banyak waktu yang bisa kita gunakan untuk menambah bacaan Al-quran kita. Tapi kenapa harus saat ceramah berlangsung? Saat seseorang memberikan kita sebuah ilmu, sebuah nasihat yang seharusnya kita tanamkan dalam hati dan amalkan dalam perbuatan.

Maka, tepatlah sang gadis kemudian berpikir "Letakkanlah sesuatu itu pada tempatnya".  Kadang kala memang kita melakukan sesuatu tidak pada tempatnya. Yang dilakukan adalah hal yang dinilai baik, namun sayangnya waktunya tidak pas.

0 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Apalah arti sebuah nama, tapi ternyata nama sangatlah berarti. siapa nama anda dan bisa jadi kehidupan anda adalah seperti nama anda,,,

Entri Populer

Followers

Daftar Blog Saya