[Kaca] Tentang Sabar

Kamis, 04 Agustus 2011

Seorang gadis datang kepada temannya dan mengeluh panjang lebar.
“Aku sedang punya masalah! Ini benar-benar masalah yang besar! Aku butuh solusi yang benar-benar konkrit!!!”
“Ya, aku tahu! Sabarlah!” temannya menjawab.
“Sekarang aku tak butuh sabar! Aku butuh solusi yang kongkrit!”
Temannnya terdiam. Wajahnya mengkerut. Hampir saja amarahnya mau keluar, tapi jika amarah itu keluar, dia tidak akan menjadi orang yang sabar dalam menghadapi orang yang tak sabar. Dia pun menghembuskan napasnya berat.
“Sesungguhnya aku menjadi teramat sedih. Apakah sabar hanya sebuah teori?”
Sang gadis terdiam. Lama gadis itu menunduk. Tiba-tiba bahunya terguncang dan ketika gadis tersebut mengangkat wajahnya, yang terlihat adalah merahnya mata dan hidung.
“Aku sudah tidak tahan. Aku tak kuat! Aku benar-benar benci dengan kondisi ini!”

~~~~

Sesungguhnya kunci kesuksesan adalah sabar. Semua orang mungkin akan setuju dengan hal ini. Kunci sukses adalah sabar. Betapa kita ternyata didahuli alam dalam kesabaran.  Alam berdiri di atas kesabaran, yakni “kebertahapan”. Matahari tak akan muncul secara tiba-tiba, menjadi kupu-kupu yang indah butuh tahapan panjang dalam mencapainya. Sel telur yang dibuahi perlu 9 bulan untuk menjadi manusia yang lahir ke dunia. Kita takkan menjadi manusia dewasa tanpa kesabaran dan perawatan dari ibu kita. Bahkan Allah SWT menciptakan langit dan bumi itu adalah dalam enam masa. Begitulah Allah SWT mengajarakan kita bahwa segala urusan haruslah tegak dalam kesabaran.

Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)

Sebuah hadis yang luar biasa tentang pesona seorang Mukmin.  ketika ia mendapatkan kebaikan, kebahagian, rasa bahagia, kesenangan dan lain sebagainya, ia akan refleksikan dalam bentuk penysukuran terhadap Allah SWT. Karena ia tahu dan faham bahwa hal tersebut merupakan anugerah Allah yang diberikan kepada dirinya. Dan tidaklah Allah memberikan sesuatu kepadanya melainkan pasti sesuatu tersebut adalah positif baginya.

Sebaliknya, jika ia mendapatkan suatu musibah, bencana, rasa duka, sedih, kemalangan dan hal-hal negatif lainnya, ia akan bersabar. Karena ia meyakini bahwa hal tersebut merupakan pemberian sekaligus cobaan bagi dirinya yang pasti memiliki rahasia kebaikan di dalamnya. Sehingga refleksinya adalah dengan bersabar dan mengembalikan semuanya kepada Allah SWT.

Sabar bukan hanya sabar dalam menghadapi ujian. Ternyata kita dituntuk bersabar dalam segala hal. Sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam meninggalkan segala perbuatan maksiat. Sabar berarti menahan diri dari sifat kegeundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

“Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang diberi pahala tanpa dihitung (tidak terbatas).” (Q.S Az-zummar: 10)

Semoga kita semua adalah termasuk orang yang sabar dan saling nasehat menasehati dengan kesabaran...

“Demi masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian kecuali mereka yang beriman, beramal saleh, serta saling menasehati dengan kebenaran dan saling menasehati dengan kesabaran” (Q.S Al-Ashr: 1-3)

0 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Apalah arti sebuah nama, tapi ternyata nama sangatlah berarti. siapa nama anda dan bisa jadi kehidupan anda adalah seperti nama anda,,,

Entri Populer

Followers

Daftar Blog Saya